Pages

Saturday, November 20, 2010

Hubungan Ilmu Sosial Dasar dengan Perkuliahan

Ilmu Sosial Dasar adalah salah satu mata kulah dasar umum yang merupakan mata kuliah wajib yang di berikan di perguruan tinggi negeri maupun swasta. Tujuan di berikannya mata kuliah ini adalah semata – mata sebagai salah satu usaha yang di harapkan dapat memberikan bekal kepada mahasiswa untuk dapat peduli terhadap masalah – masalah social yang terjadi di lingkungan dan dapat memecahkan permasalahan tersebut dengan menggunakan pendekatan ilmu sosial dasar.

Mata kuliah Ilmu Sosial Dasar merupakan ilmu analisis atas aneka fenomena social masyarakat dengan segala dinamika dan implikasinya dari sudut pandang kajian dasar filsafah keilmuan. Manusia sebagai makhluk social tentu tidak mungkin memisahkan hidupnya dari manusia lain. Sudah bukan rahasia lagi bahwa segala bentuk kebudayaan, tatanan hidup, dan system kemasyaratan terbentuk kerena interaksi dan benturan kepentingan antara satu manusia dengan manusia lainnya. 

Tiga kemampuan yang di harapkan dari lulusan perguruan tinggi yaitu :

1.Kemampuan akademis
Kemampuan utuk berkomuikasi secara ilmiah baik lisan maupun tulisan, meugasai peralatan analisis maupun berpikir logis, kritis, sistematis, dan analitis. Memiliki kemampuan konsepsional untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah yang di hadapi serta mampu menawarkan alternative pemecahannya.

2. Kemampuan professional
Kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli yang bersangkutan dengan kemampuan ini, para tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang tinggi dalam bidang profesinya.

3.Kemampuan personal
Kemampuan kepribaribadian. Dengan kemampuan kepribadian ini para tenaga ahli di harapkan memiliki pengetahuan sehingga mampu menunjukan sikap dan tingkah laku dan tindakan yang mencerminkan kepribadian Indonesia, memahami dan mengenal nilai – nilai keagamaan kemasyarakatan dan kenegaraan serta memiliki pandangan yang luas dan kepekaan tehadap berbagai masalah yang di hadapi oleh masyarakat Indonesia.

Secara khusus Mata Kuliah Dasar Umum bertujuan untuk warga Negara sarjana yang :
  1. Memiliki wawasan budaya yang luas tentang kehiduoan bermasyarakat dan secara bersama – sama mampu berperan serta meningkatkan Ilmu Sosial Dasar, kualitasnya maupun lingkngan alamiahnya dan secara bersama – sama berperan serta dalam pelestariannya.
  2. Takwa terhadap Tuhan Yang Mahasiswa, bersikap dan bertindak sesuai dengan ajaran agamanya dan memiliki toleransi terhadap pemeluk agama lain.
  3. Berjiwa pancasila sehingga segala keputusan serta tindakannya mencerminkan pengalaman nilai – nilai pancasila dan memilki integritas kepribadian yang tinggi, yang mendahulukan kepentingan nasional dan kemanusiaan sebagai sarjana Indonesia.
 Jadi untuk mahasiswa mata kuliah Ilmu Sosial Dasar itu penting kita pelajari dari sekarang karena sifatnya penting sebagai penunjang dalam dunia kerja nanti.

sumber :
http://web-grenalio.co.cc/

No comments:

Post a Comment